Sunday 2 October 2011

komunikasi inovasi


Inovasi adalah : suatu penemuan baru,baik berupa benda,gagasan,tindakan yang dapat membuat perubahan sosial bila tersebar ke masyarakat.
Komunikasi inovasi adalah penemuan gagasan baru yang disampaikan kepada masyarakat agar terjadi perubahan sosial.
Inovasi dapat dikatakan inovasi jika memiliki ciri interinsik dan eksterinsik.
Ciri eksterinsik :
·         Adanya kecocokan inovasi dengan kondisi  masyarakat sasaran
·         Keuntungan yang relatif
·         Sifat yang komunikatif

v  Merupakan suatu penemuan baru dan bisa jadi bukan benar-baru. (baru mulai d kembangkan lagi)
v  Di anggap baru bagi seseorang,tapi tidak bagi orang lain
v  Berubah seiring berjalan waktu
v  Tidak semua inovasi harus disebar luaskan dan di adopsi ( terutama yang tidak cocok dengan kondisi masyarakat dan membahayakan)
v  Tdak semuanya memiliki wujud fisik,ada kalanya berupa ide atau gagasan
v  Ada yang memiliki komponen ide dan fisik.
Ciri eksterinsik :
·         Status keilmiahan jelas
·         Ada value
·         Komunikatif
·         Compleksitas
·         Dapat di bagi atau dipecah
KOMUNIKASI DAN DIFUSI
Komunikasi inovasi dalam difusi adalah bagaimana penyebaran pesan-pesan inovasi kepada khalayak
Perbedaan antara komunikasi dan difusi adalah,Difusi mengkaji pesan-pesan yang berupa gagasan  atau penemuan baru,sedangkan komunikasi mengkaji semua pesan-pesan.
KONTRIBUSI TEORI-TEORI KOMUNIKASI DALAM KOMUNIKASI INOVASI
Teori Efek Komunikasi Massa
a. Model Lasswell
model komunikasi yang sederhana dan sering digunakan : Siapa (Who), berbicara apa (Says what), dalam saluran yang mana (in which channel), kepada siapa (to whom) dan pengaruh seperti apa (what that effect)
b. Komunikasi dua tahap dan pengaruh antar pribadi
Teori dan penelitian-penelitian komunikasi dua tahap memiliki asumsi-asumsi sebagai berikut:
·         Individu tidak terisolasi dari kehidupan sosial, tetapi merupakan anggota dari kelompok-kelompok sosial dalam berinteraksi dengan orang lain.
·         Respon dan reaksi terhadap pesan dari media tidak akan terjadi secara langsung dan segera, tetapi melalui perantaraan dan dipengaruhi oleh hubungan-hubungan sosial tersebut.
·         Ada dua proses yang langsung, yang pertama mengenai penerima dan perhatian, yang kedua berkaitan dengan respon dalam bentuk persetujuan atau penolakan terhadap upaya mempengaruhi atau menyampaikan informasi.
·         Komunikasi yang melalui opinion leader.
c. Uses and Gratifications (Kegunaan dan Kepuasan)
Pengguna media berperan dalam memilih media dan pengguna meedia merupakan yang paling aktif dalam proses komunikasi. Hubungan teori ini dengan komunikasi inovsi adalah kita sebagai audiens atau masyarakat tidak harus serta merta menerima inovasi yang ada.
d. Uses and Effects
ketika massa sudah memilih media nya maka massa akan mendapatkan efek yakni kepahaman dari media itu tersebut.
e. Teori Agenda Setting
 Asumsi teori ini adalah bahwa jika media memberi tekanan pada suatu peristiwa, maka media itu akan mempengaruhi khalayak untuk menganggapnya penting. Jadi apa yang dianggap penting media, maka penting juga bagi masyarakat. Dalam hal ini media diasumsikan memiliki efek yang sangat kuat, terutama karena asumsi ini berkaitan dengan proses belajar bukan dengan perubahan sikap dan pendapat.
f. Teori Dependensi Efek Komunikasi Massa
media adalah sumber informasi yang dianggap penting dan massa sangat membutuhkan media dalam pemberian informasinya.
kajian terhadap efek tersebut dapat dirumuskan ysebagai berikut:
1. Kognitif,
2. Afektif,
3. Behavioral,
g. The Spiral of Silence
pendapat pribadi sangat tergantung pada apa yang dipikirkan oleh orang lain
h. stimulus and repon
a. Pesan (stimulus)
b. Seorang penerima atau receiver
c. Efek (respons)
Dalam masyarakat massa, prinsip S- R mengansumsikan bahwa pesan informasi dipersiapkan oleh media dan didistribusikan secara sistematis dalam sekala yang luas. Sehingga secara serempak pesan tersebut dapat diterima oleh sejulah besar individu, bukan ditujukan kepada orang per orang. Kemudian sejumlah besar individu itu akan merespons informasi itu.

0 comments:

Post a Comment